Kamis, 11 November 2010

Honda Scoopy : Retro?

Scoopy : matic retro dari Honda
Armada matic Honda sekarang ketambahan satu lagi, bernama Scoopy. mengambil desain retro, Scoopy menampilkan desain yang berbeda. Sebenarnya sih di thailand sono ada Yamaha Fino dan Suzuki Jelato yang bersaing di model sejenis, retro. Namun kali ini Honda ingin melakukan first-mover, yang pertama memasrkan skutik bergaya retro.
Benarkah Scoopy benar benar retro? rasanya kok meragukan. Desainnya cenderung seperti vespa, namun Scoopy sangat plastik. Jika memang mau tampil retro sungguhan, seharusnya unsur plastik dikurangi, namun di Scoopy plastik masih dominan. Kemudian mari kita lihat ke sektor roda, lucunya di sektor ini Scoopy tetap menggunakan velg gaya racing yang jelas nuansanya adalah sporty. Lah kan gak masuk! seharusnya velgnya kan jari jari...sehingga nuansa retro akan kian kental. Lalu mari kita lhat ke sektor lampu belakang, desainnya menyatu dengan bodi, sungguh tidak nyambung. seharusnya lampu belakakng dibuat memisahdari bodi, kayak honda pitung itu misalnya. Yang jelas, Scoopy ini bentukya gambot, gede seperti Vario padahal motor retro lebih bagus jika tidak terlalu gambot sehingga kesan mungil nan lucu retro akan kian kuat.
Yah, anyway, bolehlah Honda mengklaim desainnya retro toh nyatanya yang beli juga ada walau tidak banyak ( kata orang dari blog lain, Scoopy laris...tapi di kota saya Scoopy jarang sekali terlihat ) Mungkin Scoopy adalah produk yang mencoba bermain di samudera biru, namun sepertinya menurut pandangan saya, Scoopy akan senasib dengan CS-1 dan Blade. Makanya Suzuki dan Yamaha belum mau keluarkan Jelato dan Fino, mungkin lihat dulu nasib Scoopy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar